Tambalan gigi komposit versus tambalan gigi amalgam

Tambalan gigi komposit

Tambalan gigi komposit dipilih sebagian pasien karena warna komposit mirip dengan warna gigi. Hal ini menyebabkan bagian tambalan tidak terlihat sebagai tambalan dan seolah-olah bagian dari gigi asli.** Kelebihan tambalan komposit yang satu ini tidak dapat ditandingi oleh amalgam.

Tambalan gigi komposit versus tambalan gigi amalgam
Tambalan gigi komposit versus tambalan gigi amalgam. Disclaimer: Perbedaan kondisi badan setiap pasien bisa menyebabkan perbedaan hasil perawatan.

Selain itu, bagi pasien yang perhatian dengan estetika, harga komposit lebih murah ketimbang porselen dan emas. Komposit untuk menambal gigi masih tergolong teknologi baru dibandingkan, misal, teknologi implan gigi. Teknologi tambalan komposit ditemukan di Amerika Serikat dan baru mulai diterapkan dasawarsa 1980an. Peningkatan kualitas komposit pada dasawarsa 1990an dan 2000an berhasil meningkatkan kekuatan komposit, sehingga kelemahan terbesar komposit berhasil diatasi. Teknologi komposit sudah lama sampai dan tersedia di Indonesia.

Kandungan komposit

Komposit punya tiga komponen utama, yaitu:

  1. Resin matriks
    Umumnya bahan komposit menggunakan bahan Bis-GMA, UDMA, dan TEGDMA. Bahan-bahan ini dipakai bersama monomer pengontrol kekentalan, seperti MMA, EDMA, dan TEGDMA.
  2. Partikel pengisi anorganik
    Bahan pengisi anorganik yang umum dipakai sebagai pengisi adalah quartz dan silika kolodial. Bahan pengisi berfungsi untuk meningkatkan sifat resin matriks. Akibatnya, resin jadi lebih sedikit menyerap air, koefisien panas jadi meningkat, dan sifat-sifat mekanis (kekuatan, kekakuan, kekerasan, dan ketahanan abrasi) juga meningkat.
  3. Bahan pengikat
    Bahan pengikat berfungsi mengikat partikel bahan pengisi ke resin matriks. Sehingga, sifat mekanis dan sifat fisik resin komposit jadi lebih meningkat. Di samping itu, bahan pengikat juga berfungsi untuk menstabilkan hidrolitik dengan pencegahan air. Bahan pengikat yang umum dipakai adalah organosilane, zirkonat, dan titanat.

Selain tiga komponen tersebut juga ada komponen tambahan yang meliputi aktivator untuk polimerisasi resin, penyerap sinar ultra violet, hidroquinon untuk mencegah polimerisasi dini.

Pemuaian tambalan gigi komposit

Suhu dalam mulut manusia berubah-ubah. Makanan dingin menyebabkan suhu turun dan makanan panas menyebabkan suhu naik. Pemuaian komposit lebih rendah ketimbang amalgam dan tidak jauh berbeda dari pemulaian dan penyusutan enamel (email). Komposit kurang berisiko menyebabkan email gigi di sekitarnya retak. Ini satu lagi kelebihan tambalan komposit dibandingkan amalgam.

Gigi Anda berlubang dan ingin bekas tambalan tersamar? Silakan hubungi kami.

Referensi

https://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/24993/3/Chapter%20II.pdf

https://www.ada.org/~/media/ADA/Publications/Files/august_Centennial_commentary.ashx

Related tags:
#harga implan gigi #harga gigi palsu #kos tanam gigi #harga implant gigi #dokter gigi #harga crown gigi depan #veneer gigi #harga crown gigi #harga gigi tanam #harga tanam gigi
Related articles:

Tambalan gigi komposit

Tambalan gigi komposit

...selengkapnya

Tambalan bebas air raksa

Tambalan bebas air raksa

Secara ekonomi, harga resin komposit tidak terpaut jauh dari amalgam dengan nila...selengkapnya

Kelebihan / kekurangan tambalan gigi komposit

Kelebihan / kekurangan tambalan gigi komposit

...selengkapnya

Tambalan gigi emas

Tambalan gigi emas

...selengkapnya

Tambalan GC Fuji IX

Tambalan GC Fuji IX

...selengkapnya

Klinik Gigi & Implan Jakarta doctor+dentist Layanan umum: (+62)21 2253 9385 (Pos Pengumben) dan +622153654792 (Palmerah) Layanan implan: +6281291668166, PIN BB: 232BAFD6, Email: klinikdoctordentist@gmail.com Alamat: Jl. Pos Pengumben No. 40c Jakarta Barat, Jakarta 11560 Indonesia, Jl. Palmerah Barat No. 108 Jakarta Barat, Jakarta 11480 Indonesia