Foto rontgen peri-implantitis

Seberapa sering kontrol ke dokter gigi?

Seberapa sering Anda kontrol ke dokter gigi itu sebetulnya bergantung pada kondisi gigi Anda. Umumnya orang perlu 6 bulan sekali. Tapi ada kondisi pasien yang menuntut untuk kontrol kurang dari 6 bulan sekali. Contohnya, pasien implan perlu kontrol 3 bulan sekali untuk tahun pertama dan setelah itu dimungkinkan kontrol 6 bulan sekali, kecuali dokter menyatakan lain.

Tujuan dari tindakan kontrol secara periodik adalah mendeteksi permasalahan sedini mungkin saat permasalahan itu masih sekecil mungkin. Mengatasi masalah yang telah membesar lebih sulit daripada mengatasi masalah kecil saat masih dini. 

Dokter gigi Anda dapat menyarankan waktu kontrol yang lebih akurat. Seberapa sering kontrol dipengaruhi oleh:

  1. kecepatan pembentukan plak dan karang gigi
  2. kondisi gusi dan gigi secara keseluruhan
  3. seberapa rajin Anda menyikat gigi dengan benar dan membersihkan sela-sela gigi dengan benang
  4. menggunakan pasta gigi fluorida atau tidak
  5. makanan dan minuman yang Anda konsumsi
  6. merokok atau tidak
  7. riwayat penyakit gusi dan gigi berlubang

Tujuh hal tersebut di atas merupakan faktor yang memengaruhi kesehatan gigi dan mulut Anda sehingga berpengaruh pada seberapa sering Anda perlu kontrol ke dokter gigi. Hal-hal tersebut juga membantu Anda dan dokter gigi Anda untuk menentukan secara lebih tepat sebaiknya Anda kontrol ke dokter gigi setiap berapa bulan sekali. Perlu Anda perhatikan, Anda sebaiknya tidak menentukan sendiri jenis perawatan Anda yang Anda perlukan. Konsultasikan dengan dokter gigi Anda kebutuhan Anda dan apa jenis perawatan yang sesuai.

Apabila kondisi gigi Anda memerlukan, dokter gigi dapat meminta Anda untuk kontrol sambil membawa foto sinar X. Hal ini tidak berlaku untuk semua kondisi, hanya beberapa jenis kondisi, termasuk kontrol implan. Kontrol implan memerlukan foto sinar rontgen karena hal tersebut berguna untuk memeriksa kondisi tulang penopang implan. Hal ini tidak bisa dilihat dengan mata telanjang karena berada di dalam tulang rahang.

Jika Anda merasa tidak pasti apakah perlu membawa foto rontgen atau tidak saat hendak kontrol implan Anda, silakan telepon kami.

Related tags:
#harga implan gigi #harga gigi palsu #kos tanam gigi #harga implant gigi #dokter gigi #harga crown gigi depan #veneer gigi #harga crown gigi #harga gigi tanam #harga tanam gigi
Related articles:

Seberapa sering kontrol ke dokter gigi?

Seberapa sering kontrol ke dokter gigi?

Tujuh hal tersebut di atas merupakan faktor yang memengaruhi kesehatan gigi dan ...selengkapnya

Pemeliharaan implan gigi

Pemeliharaan implan gigi

Pasien perlu sadar bahwa implan gigi hanya bisa awet apabila dilakukan perawatan...selengkapnya

Homeostasis

Homeostasis

Konsep homeostasis pertama kali dicetuskan oleh seorang ilmuan sekaligus dokter ...selengkapnya

Diagnosis & penanganan kesehatan implan gigi (1)

Diagnosis & penanganan kesehatan implan gigi (1)

Implan gigi yang telah sukses berpadu dengan tulang perlu kontrol secara periodi...selengkapnya

Permukaan implan dengan perlakuan fluorida (2)

Permukaan implan dengan perlakuan fluorida (2)

Observasi lebih lanjut menunjukkan bahwa jumlah kontak tulang-implan yang terben...selengkapnya

Klinik Gigi & Implan Jakarta doctor+dentist Layanan umum: (+62)21 2253 9385 (Pos Pengumben) dan +622153654792 (Palmerah) Layanan implan: +6281291668166, PIN BB: 232BAFD6, Email: klinikdoctordentist@gmail.com Alamat: Jl. Pos Pengumben No. 40c Jakarta Barat, Jakarta 11560 Indonesia, Jl. Palmerah Barat No. 108 Jakarta Barat, Jakarta 11480 Indonesia