Macam-macam desain dan jenis implan gigi

Risiko implan gigi yang terlalu murah

Siapa pasien implan tidak mau implan gigi murah? Semua pasien dengan indikasi dan kontraindikasi yang sesuai mungkin akan senang mencobanya. Lebih lagi pasien yang telah berusaha keras namun mengalami kendala dalam upayanya memperoleh layanan implan gigi gratis. Tentang cara mendapat implan yang murah banget sudah pernah kita bahas.

Kita pernah membahas implan gratis, murah banget, dan murah. Sekarang kita akan membahas implan yang terlalu murah. Kalau layanan terlalu murah dibilang tanpa risiko, siapa yang akan percaya? Orang pasti curiga. Apalagi di jaman yang apa-apa serba bayar, bahkan air putih dan udara saja beli. (Maksudnya, air putih botolan dan oksigen tabung.)

Risiko harga terlalu murah

Risiko pertama dari implan yang terlalu murah adalah peluang sukses implan kurang tinggi. Umumnya, dokter gigi implan yang menyediakan layanan terlalu murah adalah dokter gigi implan baru yang sedang mengejar target pengalaman pasang implan.

Tingkat kesuksesan dokter dengan pengalaman pasang 0 implan adalah sekitar 50:50.  Jika Anda adalah pasien pertama dokter gigi implan baru itu, maka peluang sukses implan Anda hanya setinggi ini. Peluang sukses implan akan meningkat seiring pengalaman dokter. Tingkat sukses sudah cukup tinggi saat dokter tersebut punya pengalaman memasang lebih dari 50 implan. Sebelum menerima perawatan implan yang terlalu murah, Anda bisa memeriksa pengalaman pemasangan implan dokter yang bersangkutan dan siap dengan risiko yang timbul dari kurangnya pengalaman.

Risiko kedua, implan mungkin kelas bawah. Harga benda yang bernama implan itu ada bermacam-macam. Harga dipengaruhi antara lain oleh:

  1. Bahan implan
    Implan titanium punya peluang yang jauh lebih baik untuk dapat berpadu dengan tulang daripada implan stainless steel. 
  2. Lapisan hidroksiapatit
    Lapisan hidroksipapatit pada permukaan implan menurunkan peluang penolakan implan oleh tubuh manusia.
  3. Desain implan
    Kita sebelumnya telah membahas bahwa penjangkaran mekanis, bukan hanya penjangkaran bioaktif. Pegangan mekanis tulang pada implan dipengaruhi oleh desain implan. Desain implan dengan peluang penjangkaran mekanis yang lebih baik biasanya lebih mahal daripada desain implan yang biasa. 
    Macam-macam desain <a href=implan gigi memengaruhi seberapa murah harga implan itu" width="300" height="182" data-img-src="https://implantgigi.com/wp/wp-content/uploads/2016/09/macam-desain-implan-gigi-300x182.jpg" />
    Macam-macam desain dan jenis implan gigi
  4. Standar FDA Amerika Serikat/ Eropa
    FDA Amerika Serikat/ Eropa telah menerapkan standar yang ketat untuk produk implan gigi. Implan yang memenuhi standar tersebut punya tingkat keamann yang lebih baik daripada implan yang tidak memenuhi standar. Produksi implan standar juga lebih mahal daripada implan non-standar. Karena itu, implan dengan standar FDA biasanya lebih mahal daripada implan non-standar untuk kelas yang setara.
  5. Standar internasional (ISO)
    Biaya produksi implan standar ISO lebih tinggi daripada implan non-ISO. Karena itu, implan dengan ISO lebih mahal daripada implan tanpa ISO untuk kelas yang setara.

Risiko ketiga, abutmen sejuta umat. Abutmen sejuta umat memang murah. Dokter terkadang terpaksa menggunakan abutment ini bila pasien menuntut harga terlalu rendah. Padahal, abutment sejuta umat mengandung risiko. Bila bahan dan kandungan abutment tidak cocok dengan bahan dan kandungan implan, maka peluang terjadi karat pada implan titanium jadi meningkat. Lebih amannya, gunakan abutment dengan bahan dan kandungan yang sama dengan bahan dan kandungan implan. Mudahnya, pakai abutment dari produsen yang sama dengan produsen implan. Harganya memang lebih tinggi daripada harga abutment sejuta umat, tapi risiko korosi lebih rendah dan tingkat keamanan lebih tinggi jika abutment dan implan punya kandungan yang sama.

Untuk kebaikan Anda, sebaiknya pilih layanan yang murah tapi tidak terlalu murah. Murah untuk ukuran kelasnya. Untuk layanan kelas menengah, kisaran harga yang kami tawarkan itu sudah tergolong murah tapi tidak terlalu murah untuk layanan kelas menengah yang kami sajikan. 

 
Related tags:
#harga implan gigi #harga gigi palsu #kos tanam gigi #harga implant gigi #dokter gigi #harga crown gigi depan #veneer gigi #harga crown gigi #harga gigi tanam #harga tanam gigi
Related articles:

Risiko implan gigi yang terlalu murah

Risiko implan gigi yang terlalu murah

Implan gigi yang terlalu murah punya risiko yang sebanding dengan harganya. Inil...selengkapnya

Cara dapat implan gigi murah banget

Cara dapat implan gigi murah banget

Beginilah cara dapat implan gigi murah banget. Tinggal Anda coba saja satu per s...selengkapnya

Harga implan gigi relatif murah

Harga implan gigi relatif murah

...selengkapnya

Biaya & harga pasang + rawat implan gigi bagus & murah

Biaya & harga pasang + rawat implan gigi bagus & murah

Biaya dan harga paket pasang dan rawat lengkap implan gigi biasanya mahal. Tapi ...selengkapnya

Implan gigi harga murah Rp 3 - 5 juta

Implan gigi harga murah Rp 3 - 5 juta

Jaman sekarang harga implan gigi sudah sangat terjangkau. Hanya dengan Rp 3 - 5 ...selengkapnya

Klinik Gigi & Implan Jakarta doctor+dentist Layanan umum: (+62)21 2253 9385 (Pos Pengumben) dan +622153654792 (Palmerah) Layanan implan: +6281291668166, PIN BB: 232BAFD6, Email: klinikdoctordentist@gmail.com Alamat: Jl. Pos Pengumben No. 40c Jakarta Barat, Jakarta 11560 Indonesia, Jl. Palmerah Barat No. 108 Jakarta Barat, Jakarta 11480 Indonesia