Foto histologis bahan biomaterial CPB yang dipakai untuk meregenerasi soket pasca-ekstraksi pada manusia.

Respon jaringan terhadap modifikasi permukaan implan (1)

Oseointegrasi adalah hasil penyembuhan jaringan tulang yang menguntungkan di sekitar implan titanium. Ini adalah proses biologis di mana pembentukan jaringan tulang di sekitar implan membentuk penjangkaran langsung tanpa disertai pertumbuhan jaringan fibrosa pada antarmuka implan tulangĀ (Branemark, Adell et al. 1969; Branemark, Hansson et al. 1977).

Implan titanium banyak dipakai dan sukses berpadu dengan tulang. Riset untuk mengembangkan permukaan titanium jenis baru dan/ atau untuk memodifikasi permukaan implan terus dilakukan. Meskipun begitu, mekanisme oseointegrasi masih kurang diketahui secara terperinci.

Pengetahuan masa kini tentang proses penyembuhan pada aneka implan titanium terutama diperoleh dari data biomekanis dan histologis serta korelasinya dengan penyembuhan fraktur normal. Penelitian histologis dan biomekanis sangat mendukung pandangan bahwa tulang memberi respon berbeda pada permukaan implan dengan properti yang berbeda. Properti yang berbeda menghasilkan respon yang berbeda.

Sebagai dampak dari data tersebut, para pakar implantologi memberi perhatian yang sangat besar pada penelitian in vitro yang berkaitan dengan aktivitas seluler dan molekuler pada berbagai substrat yang berbeda dan untuk mengekstrapolasi hasil pada antarmuka aktual antara implan dan jaringan tulang yang hidup. Berdasarkan hasil dari penelitian-penelitian in vitro, permukaan implan memengaruhi sekuensi permulaan adsorpsi protein, adhesi platelet, dan hemostasis, aktivasi komplemen, inflamasi dan respon sel osteogenik.

Sekalipun telah mempertimbangkan informasi penting yang diperoleh dari penelitian ini, sebagian besar hasil penelitian tidak mewakili paradigma aktual skenario implantasi in vivo. Misalnya, penelitian diniĀ in vivoĀ mengungkapkan bahwa proses pembentukan tulang pada implan titanium didahului dengan perekrutan sel dari jenis yang berbeda dan pada tingkat diferensiasi morfologi yang berbeda.

Namun, aktivitas fungsional sel yang berbeda dan peran sel selain sel-sel osteogenik dalam proses penyembuhan belum didefinisikan secara jelas.

Pertanyaan kuncinya adalah bagaimana kejadian molekuler dan seluler dini dipengaruhi oleh properti permukaan material in vivo, dan bagaimana kejadian dini ini memengaruhi pengorganisasian jaringan sekitarnya dan keterkaitan atau ikatannya dengan permukaan material dan, pada gilirannya, kapasitas antarmuka guna beradaptasi dengan interaksi beban berkelanjutan jangka panjang. [Bersambung]

Related tags:
#harga implan gigi #biaya implan gigi #implan gigi murah #implan gigi #gigi implan #implan gigi depan #implan gigi di Jakarta #harga gigi implan #pengaruh rokok terhadap gigi #klinik implan gigi di Jakarta
Related articles:

Respon jaringan terhadap modifikasi permukaan implan (5)

Respon jaringan terhadap modifikasi permukaan implan (5)

pengamat mendeteksi bahwa ekspresi puncak penanda osteogenik dan osteoklastik di...selengkapnya

Respon jaringan terhadap modifikasi permukaan implan (2)

Respon jaringan terhadap modifikasi permukaan implan (2)

Kemajuan dalam teknologi riset terbaru memungkinkan para peneliti menerapkan tek...selengkapnya

Respon jaringan terhadap modifikasi permukaan implan (3)

Respon jaringan terhadap modifikasi permukaan implan (3)

Ekspresi kemokin, MCP-1, yang lebih tinggi di tulang terlihat pada implan dengan...selengkapnya

Respon jaringan terhadap modifikasi permukaan implan (4)

Respon jaringan terhadap modifikasi permukaan implan (4)

Pada permukaan implan tulang in vivo, perlekatan seluler dimediasi melalui lapis...selengkapnya

Respon jaringan terhadap modifikasi permukaan implan (1)

Respon jaringan terhadap modifikasi permukaan implan (1)

Oseointegrasi adalah hasil penyembuhan jaringan tulang yang menguntungkan di sek...selengkapnya

Klinik Gigi & Implan Jakarta doctor+dentist Layanan umum: (+62)21 2253 9385 (Pos Pengumben) dan +622153654792 (Palmerah) Layanan implan: +6281291668166, PIN BB: 232BAFD6, Email: klinikdoctordentist@gmail.com Alamat: Jl. Pos Pengumben No. 40c Jakarta Barat, Jakarta 11560 Indonesia, Jl. Palmerah Barat No. 108 Jakarta Barat, Jakarta 11480 Indonesia