ISO-10993 pengujian biokompatibilitas

Produk implan gigi yang aman itu seperti apa?

Produk implan gigi merujuk ke bagian akar tiruan dari gigi implan. Umumnya bentuknya berulir menyerupai sekrup. Perawatan implan yang aman bukan hanya memerlukan dokter gigi implan yang punya latarbelakang pendidikan implan dan punya jam terbang implan yang tinggi, tapi juga produk implan gigi yang aman. Produk implan yang aman itu yang bagaimana?

  1. Standar internasional (ISO-10993)
    Implan perlu lolos pengujian standar ISO-10993. Lebih baik lagi jika ISO yang dipakai adalah ISO yang paling baru yaitu 10993:55. ISO menentukan tes apa saja yang perlu dipenuhi agar implan lebih aman bagi tubuh manusia. Tentang ISO untuk keamanan implan pernah kita bahas dalam posting "Tes Biokompatibilitas".
  2. Lolos FDA
    Pengujian FDA Amerika Serikat terhadap produk implan gigi menggunakan standar yang tinggi. Tidak semua produsen implan gigi mampu lolos semua ujian yang ditetapkan oleh FDA. Produk implan yang lolos dari seleksi FDA berarti telah lulus ujian yang ketat sehingga keamanannya lebih baik daripada yang tidak lolos uji.
    Andai Anda memilih untuk tidak memakai implan yang lolos FDA karena masalah biaya, pastikan Anda tetap memilih implan yang sekurang-kurangnya memenuhi ISO 10993.
  3. Steril
    Implan gigi yang aman harus steril. Sebelum implan dipakai, implan harus terbungkus rapat dalam kemasan yang disegel. Sebelum membuka kemasan, pastikan kemasan utuh, tidak sobek, tidak bocor, dan tidak rusak. Implan yang dibuka langsung dimasukkan ke dalam larutan anti-septik dan direndam beberapa menit. Dari situ, implan dimasukkan ke dalam lubang yang telah disipakan pada tulang rahang.
  4. Cocok dengan Anda
    Implan yang aman adalah implan yang cocok dengan tubuh Anda. Sebagus apapun implan bisa tidak aman kalau ternyata tubuh Anda ternyata alergi terhadap implan itu. Alergi implan bisa berupa gatal-gatal sebagaimana umumnya reaksi alergi lainnya. Ada baiknya sebelum memasang implan, Anda memastikan diri dulu tidak alergi dengan implan.
    Implan yang cocok dengan Anda juga berarti ukurannya pas dengan tulang dan mulut Anda. Implan yang terlalu besar bisa menyebabkan infeksi. Implan yang terlalu kecil menyebabkan beban yang berlebihan pada tulang sehingga tulang penopang implan akan cepat susut. Menentukan ukuran implan yang pas dengan tulang Anda ini menentukan umur implan dan seberapa suka Anda menggunakan implan. 

 

Related tags:
#harga implan gigi #harga gigi palsu #kos tanam gigi #harga implant gigi #dokter gigi #harga crown gigi depan #veneer gigi #harga crown gigi #harga gigi tanam #harga tanam gigi
Related articles:

Produk implan gigi yang aman itu seperti apa?

Produk implan gigi yang aman itu seperti apa?

Perawatan implan yang aman bukan hanya memerlukan dokter gigi implan yang punya ...selengkapnya

Penanganan dan pencegahan fluorosis

Penanganan dan pencegahan fluorosis

...selengkapnya

Lantaran & gejala Fluorosis

Lantaran & gejala Fluorosis

Gejala fluorosis berkisar dari garis-garis atau bercak-becak putih kecil yang te...selengkapnya

Tes biokompatibilitas materi implan

Tes biokompatibilitas materi implan

Implan yang mengikuti ISO 10993 dan lolos FDA punya biokompatibilitas yang tingg...selengkapnya

Cara memilih pasta gigi yang bagus

Cara memilih pasta gigi yang bagus

Ada banyak macam pasta gigi yang terpajang di toko-toko dan warung-warung. Bagai...selengkapnya

Klinik Gigi & Implan Jakarta doctor+dentist Layanan umum: (+62)21 2253 9385 (Pos Pengumben) dan +622153654792 (Palmerah) Layanan implan: +6281291668166, PIN BB: 232BAFD6, Email: klinikdoctordentist@gmail.com Alamat: Jl. Pos Pengumben No. 40c Jakarta Barat, Jakarta 11560 Indonesia, Jl. Palmerah Barat No. 108 Jakarta Barat, Jakarta 11480 Indonesia