Implan gigi sebaiknya dipasang setelah persalinan

Implan gigi pada masa hamil

Tanya

Apakah saya bisa pasang implan gigi saat sedang hamil?

Jawab

Kehamilan bukan kontraindikasi mutlak pemasangan implan gigi. Walau begitu, kami menyarankan untuk menunda pemasangan implan setelah bayi Anda lahir. Alasan kami adalah sebagai berikut:

  1. Bedah/ operasi
    Pemasangan implan gigi memerlukan operasi, sedangkan ibu yang sedang hamil sebaiknya tidak menjalani pembedahan, termasuk pembedahan untuk memasang implan. Kenapa? Karena stres yang timbul dari operasi bisa berdampak negatif bagi ibu dan bayi. Bila Anda benar-benar kepepet butuh pasang implan gigi, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda lebih dulu. Bila dokter kandungan Anda mengijinkan dengan memberi Anda surat izin tertulis, maka dokter gigi implan bakal lebih yakin dengan keamanan operasi pemasangan implan itu bagi Anda dan bayi Anda. Dokter gigi implan tentu saja minta persetujuan tertulis dari Anda juga berkaitan dengan tindakan operasi pada masa hamil. 
  2. Obat-obatan
    Operasi implan gigi dan perawatan sesudahnya mengharuskan Anda untuk mengkonsumsi obat-obatan, misalnya, antibiotika, anestesia/ obat bius, anti-inflamasi, dsb. Obat-obatan ini dapat berdampak negatif bagi ibu dan janin yang sedang berkembang. Kita tidak tahu pasti apa yang akan terjadi ketika janin yang sedang berkembang terpapar zat-zat kimia yang berasal dari obat-obatan yang dikonsumsi ibu. Di samping itu, pemberian obat-obatan itu dapat memicu persalinan sebelum waktunya apabila umur kehamilan ibu sudah 7 bulan atau lebih. 
  3. Risiko infeksi
    Operasi implan gigi berisiko infeksi. Andai infeksi terjadi, maka infeksi tersebut dapat memengaruhi kondisi kehamilan ibu dan perkembangan janin. Anda tentu tidak menghendaki mikroorganisme yang masuk melalui infeksi di dalam mulut Anda akan berdampak buruk pada perkembangan janin Anda. 
  4. Rontgen
    Tahap persiapan operasi implan gigi meliputi pengambilan foto rontgen. Risiko sinar rontgen di mulut sampai ke kandungan mungkin ada. Untuk menghindari kemungkinan ini, menunda operasi setelah bayi lahir itu lebih baik.
  5. Risiko komplikasi
    Operasi implan gigi punya risiko komplikasi, sekalipun risiko itu kecil kemungkinannya terjadi. Andai komplikasi terjadi setelah operasi berlangsung, maka menanggung komplikasi saat sedang hamil akan menimbulkan stres bagi ibu dan janinnya.

Dari alasan-alasan tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa operasi pemasangan implan gigi pada masa kehamilan berisiko bagi ibu dan janin yang dikandungnya. Untuk menghindari risiko ini, Anda disarankan untuk menunda operasi pemasangan implan gigi setelah bayi Anda lahir, terkecuali bila Anda dalam kondisi yang sangat terdesak. Bila dalam keadaan yang sangat terdesak, berkonsultasilah dengan dokter kandungan dan dokter implan gigi.

Konsultasi implan gigi tersedia gratis bagi Anda. Silakan telepon saja nomor ini.

  • doctor‚úödentist¬†
  • Klinik Gigi & Implan Gigi Jakarta
  • Layanan umum: (+62)21 2253 9385¬†(Pos Pengumben)
    Layanan umum: +622153654792 (Palmerah)
  • Layanan implan: +6281291668166
    PIN BB: 232BAFD6
  • Jl. Pos Pengumben No. 40c Jakarta Barat, Jakarta 11560 Indonesia
    Jl. Palmerah Barat No. 108 Jakarta Barat, Jakarta 11480 Indonesia
Related tags:
#harga implan gigi #harga gigi palsu #kos tanam gigi #harga implant gigi #dokter gigi #harga crown gigi depan #veneer gigi #harga crown gigi #harga gigi tanam #harga tanam gigi
Related articles:

Cek gigi Anda sebelum hamil

Cek gigi Anda sebelum hamil

Kehamilan bukan hanya bisa berpengaruh buruk pada kondisi gigi dan gusi, tapi ko...selengkapnya

Implan gigi pada masa hamil

Implan gigi pada masa hamil

Operasi pemasangan implan gigi pada masa hamil apakah bisa dilakukan? Ada sejuml...selengkapnya

Kontroversi "abadi" penggunaan amalgam

Kontroversi

...selengkapnya

Penyakit periodontal (penyakit gusi)

Penyakit periodontal (penyakit gusi)

Banyak orang menganggap lumrah ketika melihat gusinya berdarah pada saat menyika...selengkapnya

Kontraindikasi Implan Gigi

Kontraindikasi Implan Gigi

Walau implan gigi jadi solusi nyaman untuk masalah ompong, tapi tidak semua oran...selengkapnya

Klinik Gigi & Implan Jakarta doctor+dentist Layanan umum: (+62)21 2253 9385 (Pos Pengumben) dan +622153654792 (Palmerah) Layanan implan: +6281291668166, PIN BB: 232BAFD6, Email: klinikdoctordentist@gmail.com Alamat: Jl. Pos Pengumben No. 40c Jakarta Barat, Jakarta 11560 Indonesia, Jl. Palmerah Barat No. 108 Jakarta Barat, Jakarta 11480 Indonesia