Ilustrasi gigi berlubang

Gigi berlubang (kavitas)

Anda tentu tahu apa itu gigi berlubang atau kavitas. Tapi, tahukah Anda, lubang pada gigi berlubang dihasilkan dari proses pembusukan gigi yang berlangsung dalam waktu yang cukup lama? Proses melubangi gigi itu lama karena gigi sangat keras dan gigi punya mekanisme untuk memperbaiki enamel yang dirusak bakteri asalkan kerusakan itu masih dalam taraf ringan. Sehubungan dengan lamanya waktu yang diperlukan oleh bakteri untuk melubangi gigi, Anda punya waktu yang sangat cukup untuk menghentikan proses itu dan malah memulihkan gigi yang dirusak bakteri untuk bisa kembali seperti semula.

Mikroorganisme dalam mulut manusia

Mulut manusia menjadi tempat tinggal bagi milyaran mikroorganisme, baik itu tumbuhan mikro maupun hewan mikro. Tumbuhan mikro contohnya bakteri dan jamur. Hewan mikro contohnya protozoa dan amuba. Jika tanaman dan hewan mikro itu diperbesar ratusan kali, maka mulut manusia itu bagaikan hutan yang dihuni aneka tanaman dan hewan. 

Tanaman dan hewan dalam mulut manusia itu bisa dikendalikan dengan menyikat gigi, flossing gigi, dan obat kumur. Pengendalian membuat jumlah mereka bisa turun drastis, tapi tidak hilang sama sekali. Tumbuhan dan hewan mikro yang tersisa akan kembali berkembangbiak dan berusaha memenuhi mulut manusia. Karena itulah kita perlu menyikat gigi sekurang-kurangnya dua kali sehari.

Proses melubangi gigi

Bakteri dan kawan-kawan perlu makan untuk hidup dan berkembang biak. Makanan kesukaan mereka adalah makanan yang mengandung gula. Bakteri memangsa gula dan menghasilkan asam. Masalahnya, sekeras apapun gigi manusia pasti kalah dengan asam. Asam selanjutnya mengikis enamel.

Bagian enamel yang terkikis oleh asam dari bakteri ditandai dengan cekungan berwarna putih. Inilah tanda awal pembusukan dan pelubangan gigi. Jika Anda membersihkan bakteri dari gigi dan memberi waktu agar gigi pulih, maka kerusakan itu bisa pulih dengan bantuan dari air liur dan fluorida dalam pasta gigi. Jika Anda tidak membersihkan bakteri dan gagal menyediakan waktu pemulihan, maka cekungan itu makin lama akan semakin dalam hingga membentuk lubang pada gigi. 

Pencegahan gigi berlubang

  1. Sikat habis bakteri dan mikroorganisme lain dari mulut Anda
    Membersihkan tanaman dan hewan mikro dalam mulut Anda bisa dilakukan dengan menyikat gigi sekurang-kurangnya dua kali sehari dan setelah makan, menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi, berkumur menggunakan obat kumur anti-bakteri, dan membersihkan kotoran yang tersisa setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi.
  2. Gunakan pasta gigi berfluorida
    Fluorida berperan memulihkan bagian yang dirusak oleh bakteri sepanjang kerusakan itu masih ringan dan tersedia waktu yang cukup untuk memulihkan kerusakan yang terjadi. Flurida juga memperlambat perkembangbiakan bakteri.
  3. Kurang cemilan manis
    Ada orang yang punya kebiasaan untuk ngemil makanan manis di antara makan pagi dan makan siang serta di antara makan siang dan makan malam. Kebiasaan ini sebaiknya dikurangi. Jika sulit mengubah kebiasaan, cemilannya diganti dengan cemilan yang tidak mengandung gula. Misalnya, cemilan roti manis bisa dikurang atau diganti dengan emping, keripik, atau tempe goreng untuk menurunkan konsumsi gula.
  4. Pasang sealant
    Sealant bisa jadi "helm" bagi gigi Anda. Dengan adanya sealant pada lapisan di luar gigi, bakteri harus menyerang sealant lebih dulu sebelum menyerang gigi. Harga sealant relatif murah dibandingkan harga gigi Anda atau harga gigi palsu. Pasang sealant saja yuk untuk mencegah lubang pada gigi Anda.
    Dental sealant
    Dental sealant
  • doctor‚úödentist¬†
  • Klinik Gigi & Implan Gigi Jakarta
  • Layanan umum: (+62)21 2253 9385¬†(Pos Pengumben)
    Layanan umum: +622153654792 (Palmerah)
  • Layanan implan: +6281291668166
    PIN BB: 232BAFD6
  • Jl. Pos Pengumben No. 40c Jakarta Barat, Jakarta 11560 Indonesia
    Jl. Palmerah Barat No. 108 Jakarta Barat, Jakarta 11480 Indonesia
Related tags:
#harga implan gigi #harga gigi palsu #kos tanam gigi #harga implant gigi #dokter gigi #harga crown gigi depan #veneer gigi #harga crown gigi #harga gigi tanam #harga tanam gigi
Related articles:

Gigi berlubang (kavitas)

Gigi berlubang (kavitas)

Tahukah Anda, lubang pada gigi berlubang dihasilkan dari proses pembusukan gigi ...selengkapnya

Mengatasi 9 masalah gigi yang paling umum

Mengatasi 9 masalah gigi yang paling umum

Masalah gigi menyerang umat manusia ketika manusia berpindah dari budaya berburu...selengkapnya

Cek gigi Anda sebelum hamil

Cek gigi Anda sebelum hamil

Kehamilan bukan hanya bisa berpengaruh buruk pada kondisi gigi dan gusi, tapi ko...selengkapnya

Benarkah minyak kelapa mengobati gigi berlubang?

Benarkah minyak kelapa mengobati gigi berlubang?

Minyak kelapa mengandung asam laurat dan monolaurin yang punya sifat anti-bakter...selengkapnya

Tambalan gigi inlay/ onlay

Tambalan gigi inlay/ onlay

Tambalan gigi inlay dan onlay pada gigi berlubang itu aman bagi implan gigi di d...selengkapnya

Klinik Gigi & Implan Jakarta doctor+dentist Layanan umum: (+62)21 2253 9385 (Pos Pengumben) dan +622153654792 (Palmerah) Layanan implan: +6281291668166, PIN BB: 232BAFD6, Email: klinikdoctordentist@gmail.com Alamat: Jl. Pos Pengumben No. 40c Jakarta Barat, Jakarta 11560 Indonesia, Jl. Palmerah Barat No. 108 Jakarta Barat, Jakarta 11480 Indonesia