Desain implan

9 Faktor pendukung oseointegrasi

Faktor pendorong oseointegrasi yang telah diketahui ada 9 (sembilan), sebagaimana yang disajikan dalam karya penelitian Mavrogenis, et al. (2009). Sembilan faktor itu meliputi:

  1. Desain implan
    Gehrke, et al (2015) mengamati bahwa implan dengan desain kerucut yang dipasang pada kondisi kepadatan tulang sedang lebih stabil dengan pitch sempit ketimbang pitch lebar. Ini menunjukkan bahwa desain implan terbukti berpengaruh pada stabilitas implan. Karena stabilitas implan berpengaruh pada oseointegrasi, maka desain implan dengan demikian juga berpengaruh pada oseointegrasi.
  2. Komposisi kimia
    Komposisi kimia mencegah pembentukan karat pada implan dan reaksi-reaksi lain yang tak dikehendaki.
  3. Topografi permukaan implan
    Kesuksesan oseointegrasi dipengaruhi oleh kekuatan oseointegrasi. Kekuatan oseointegrasi dipengaruhi oleh luas permukaan implan. Semakin luas permukaan, semakin tinggi nilai kontak tulang-implan (BIC value). Cara untuk memperluas permukaan implan adalah dengan merekayasa topografi permukaan implan. Teknologi terbaru telah berhasil membuat implan dengan tabung-tabung kecil berukuran nano yang menyelimuti implan (nanotube implant).
  4. Bahan implan
    Bahan implan sangat penting perannya dalam mendukung atau mencegah oseointegrasi. Bahan implan yang telah terbukti punya tingkat kesuksesan yang tinggi adalah titanium. Tingkat kesuksesan implan titanium berkisar 90% setelah implan dipakai selama 20 tahun. Tingkat kesuksesan saat baru dipasang berkisar lebih kurang 97%.
  5. Bentuk
    Implan dengan bentuk yang menyerupai akar gigi asli saat ini banyak dipakai. Bentuk semacam ini bisa menyebar tekanan secara lebih merata ke jaringan penopangnya.
  6. Diameter dan panjang implan
    Hasil penelitian Li, et al. (2011) mengindikasikan bahwa diameter dan panjang implan gigi berperan penting dalam kesuksesan oseointegrasi. Mereka mengamati bahwa pada rahang bawah posterior, diameter implan lebih signifikan perannya ketimbang panjang implan dalam mereduksi stres tulang kortikal dan meningkatkan stabilitas implan saat implan menerima beban. Panjang implan lebih efektif dibandingkan diameter implan dalam mereduksi stres tulang kanselosa saat implan menerima beban. Selain itu, secara biomekanis, kombinasi yang optimal untuk implan berulir sekrup yang dipasang pada rahang bawah posterior dengan kualitas tulang yang buruk adalah berdiameter lebih dari 4 mm dan panjang lebih dari 12 mm.
  7. Lapisan
    Lapisan pada permukaan implan meningkatkan peluang sukses oseointegrasi. Misalnya, implan dengan lapisan hidroksiapatit menurunkan peluang penolakan implan oleh reaksi kekebalan tubuh manusia.
  8. Perlakuan permukaan
    Perlakuan permukaan implan bisa mendorong oseointegrasi. Misalnya, implan dengan permukaan yang permukaannya kasar menghasilkan oseointegrasi lebih kokoh.

 

Referensi

A.F. Mavrogenis, R. Dimitriou, J. Parvizi, G.C. Babis. Biology of implant osseointegration (Biologi oseointegrasi implan). J Musculoskelet Neuronal Interact 2009; 9(2):61-71

Gehrke, Sergio Alexandre; Neto, Ulisses Tavares da Silva; Fabbro, Massimo Del. Does implant design affect implant primary stability? (Apakah desain implan memengaruhi stabilitas primer implan?). Journal of oral implantology Vol. XLI /No. Six / 2015

Tao Lia, Kaijin Hu, Libo Cheng, Yin Ding, Yuxiang Ding, Jinling Shao, Liang Kong. Optimum selection of the dental implant diameter and length in the posterior mandible with poor bone quality ‚Äď A 3D finite element analysis (Seleksi optimal diameter dan panjang implan pada rahang bawah posterior dengan kualitas tulang yang buruk - suatu analisis elemen terbatas 3D). Science Direct Volume 35, Issue 1, January 2011, Pages 446‚Äď456

Related tags:
#faktor transkripsi #faktor sukses #penentu sukses oseointegrasi implan gigi #faktor eksogen #faktor pertumbuhan #mekanisme oseointegrasi #faktor #oseointegrasi #kekasaran permukaan implan faktor sukses implan gigi #faktor penentu
Related articles:

Fibrointegrasi VS Oseointegrasi

Fibrointegrasi VS Oseointegrasi

...selengkapnya

9 Faktor pendukung oseointegrasi

9 Faktor pendukung oseointegrasi

Faktor pendorong oseointegrasi yang telah diketahui ada 9 (sembilan). Apa sajaka...selengkapnya

7 Faktor penghambat oseointegrasi

7 Faktor penghambat oseointegrasi

...selengkapnya

Cedera akibat gigi palsu

Cedera akibat gigi palsu

Cedera kronis merupakan hasil dari perubahan bertahap dalam jaringan pendukung n...selengkapnya

Faktor yang memengaruhi oseointegrasi

Faktor yang memengaruhi oseointegrasi

Inilah faktor-faktor yang memengaruhi kesuksesan atau kegagalan pemasangan dan p...selengkapnya

Klinik Gigi & Implan Jakarta doctor+dentist Layanan umum: (+62)21 2253 9385 (Pos Pengumben) dan +622153654792 (Palmerah) Layanan implan: +6281291668166, PIN BB: 232BAFD6, Email: klinikdoctordentist@gmail.com Alamat: Jl. Pos Pengumben No. 40c Jakarta Barat, Jakarta 11560 Indonesia, Jl. Palmerah Barat No. 108 Jakarta Barat, Jakarta 11480 Indonesia