Diabetes mellitus dan implan gigi

Implan gigi aman untuk rehabilitasi gigi pasien diabetes mellitus yang terkontrol dengan baik. Penelitian Naujokat, Kunzendorf, dan Wiltfang (2016: 9) di Jerman dan penelitian Dubey, Gupta, dan Singh (2013: 142) di India menunjukkan, implan gigi pada pasien diabetes ini tampak sama sukses dengan implan pada pasien normal. Di samping itu, tingkat sintasan implan pada pasien diabetes tidak berbeda dari tingkat sintasan pada pasien sehat dalam enam tahun pertama setelah prosedur implan selesai dilakukan.

Meningkatkan peluang sukses pada pasien diabetes mellitus

Penggunaan antibiotik profilaktik, durasi penanganan antibiotik pasca-bedah yang lebih lama, berkumur dengan klorheksidin, implan yang dilapisi bahan bioaktif dan implan yang lebih panjang dan lebih lebar meningkatkan sintasan implan gigi pada pasien diabetes. Pemberian secara sistemik adipokin sensitif insulin dan penggunaan faktor pertumbuhan lokal meningkatkan osseointegrasi dalam percobaan pada hewan. Langkah ini perlu karena diabetes mellitus menyebabkan pasien lebih rentan terhadap infeksi. Kerjasama dengan dokter yang menangani pasien diabetes mellitus juga meningkatkan peluang sukses.

Pengamatan jangka panjang menunjukkan, dalam kurun hingga 20 tahun, tingkat sintasan implan gigi pada penderita diabetes lebih singkat ketimbang pada orang sehat tanpa diabetes.

Pasien dengan diabetes yang kurang atau tidak terkontrol mengalami penundaan osseointegrasi setelah implan gigi dipasang dan ini meningkatkan risiko. Bila ini terjadi, perawatan implan ditunda sampai kondisi memungkinkan pemasangan implan.

implan gigi dapat ditunda menurut kondisi diabetes mellitus pasien

Dalam kondisi diabetes terkontrol dengan baik, Naujokat, Kunzendorf, dan Wiltfang (2016: 9) merekomendasikan, pembebanan implan ditunda guna menurunkan risiko kegagalan implan gigi ini. Apabila implan itu berhasil, tidak teramati ada perbedaan antara pasien sehat dan pasien dengan diabetes yang terkontrol atau kurang/ tidak terkontrol dalam 6 tahun pertama usai prosedur implan gigi.

Dalam tahun pertama pasca pemasangan implan gigi, tidak teramati adanya peningkatan risiko peri-implantitis. Tapi, dalam jangka panjang, risiko inflamasi peri-implan  meningkat pada pasien diabetes. Kontrol rutin gigi Anda dapat menurunkan risiko ini dengan mendeteksi tanda-tanda awal gingivitis. Keterlambatan penanganan berakibat infeksi peri-implan.

Hubungi kami

Jika Anda penderita diabetes mellitus dan ingin impan gigi, konsultasikan dengan dokter Anda. Selanjutnya, silakan menghubungi kami untuk pemasangan implan gigi.

Referensi

Naujokat, Kunzendorf, Wiltfang. 2016. Dental implants and diabetes mellitus‚ÄĒa systematic review. International Journal of Implant Dentistry, 2016. 11 Februari 2016.¬†https://journalimplantdent.springeropen.com/articles/10.1186/s40729-016-0038-2

Dubey, Rajendra Kumar; Gupta, Deepesh Kumar; dan Singh, Amit Kumar. 2013. Dental implant survival in diabetic patients. Natl J Maxillofac Surg. 2013 Jul-Dec; 4(2): 142‚Äď150. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3961886/

Related tags:
#harga implan gigi #harga gigi palsu #kos tanam gigi #harga implant gigi #dokter gigi #harga crown gigi depan #veneer gigi #harga crown gigi #harga gigi tanam #harga tanam gigi
Related articles:

Diabetes mellitus dan implan gigi

Diabetes mellitus dan implan gigi

...selengkapnya

Disclaimer

Disclaimer

...selengkapnya

Apa semua orang yang ompong bisa dirawat implan?

Apa semua orang yang ompong bisa dirawat implan?

Implan gigi diciptakan awalnya ditujukan bagi pasien penderita ompong. Tapi, apa...selengkapnya

Diabetes & kesehatan mulut

Diabetes & kesehatan mulut

Kesehatan mulut berhubungan dengan diabetes dan sebaliknya. Pasien yang punya ba...selengkapnya

Perawatan implan gigi perlu tindak lanjut

Perawatan implan gigi perlu tindak lanjut

Setelah restorasi implan, pasien masih perlu untuk dievaluasi setiap 3 sampai 4 ...selengkapnya

Klinik Gigi & Implan Jakarta doctor+dentist Layanan umum: (+62)21 2253 9385 (Pos Pengumben) dan +622153654792 (Palmerah) Layanan implan: +6281291668166, PIN BB: 232BAFD6, Email: klinikdoctordentist@gmail.com Alamat: Jl. Pos Pengumben No. 40c Jakarta Barat, Jakarta 11560 Indonesia, Jl. Palmerah Barat No. 108 Jakarta Barat, Jakarta 11480 Indonesia