Serbuk kunyit bisa untuk mencerahkan gigi.

Betulkah kunyit memutihkan gigi?

Kunyit dapat mencerahkan gigi dan mengembalikan gigi ke warna asli, tapi kunyit tidak bisa memutihkan gigi.

Tahukah Anda perbedaan antara mencerahkan dan memutihkan?

A. Mencerahkan

Sebutlah Anda baru membeli mobil berwarna putih cemerlang. Lalu Anda membawa mobil itu ke daerah pedalaman pada musim hujan. Warna mobil Anda berubah jadi putih kusam karena noda lumpur dan debu halus. Mencuci mobil Anda membuat warna putih kusam berubah jadi warna putih cerah. Proses pencucian mencerahkan dan mengembalikan warna mobil Anda ke warna aslinya.

Kunyit bisa mencerahkan dan memulihkan warna gigi yang telah kusam ke warna asli. Alasannya, kunyit mengandung zat yang bersifat abrasif. Zat ini mengikis noda-noda yang membuat warna gigi jadi kusam atau kekuningan. Apabila warna asli gigi Anda putih cemerlang, maka kunyit bisa mengembalikan warna gigi Anda ke warna putih cemerlang yang semula. 

B. Memutihkan

Masih menggunakan ibarat mobil, Anda membeli mobil berwarna merah. Beberapa bulan kemudian, Anda ingin memutihkan warna mobil Anda. Perubahan warna mobil tentu saja tidak bisa dicapai hanya dengan mencuci mobil Anda. Anda perlu mengecat ulang warna mobil Anda ke warna putih.

Begitu pula warna asli gigi Anda tidak bisa diubah hanya dengan mencucinya memakai kunyit. Untuk mengubah warna asli ke warna putih cemerlang, dokter menggunakan pemutih gigi. Zat ini biasanya mengandung ion oksigen.

Dalam bahasa sehari-hari, mencerahkan warna gigi disamakan artinya dengan memutihkan warna gigi karena gigi memang tampak jadi lebih putih bila dibandingkan sebelum dicuci dengan kunyit. Tapi secara teknis, apa yang dilakukan kunyit itu hanya sebatas mencerahkan gigi dan mengembalikan gigi ke warna asli, bukan memutihkan dalam arti mengubah warna asli gigi jadi lebih putih.

Cara mencerahkan gigi dengan kunyit

Campurkan 1 sendok makan minyak kelapa dengan 1 sendok teh kunyit dalam wadah. Aduk-aduk sampai bentuknya mirip pasta gigi. Colek pasta gigi dari kunyit dan minyak kelapa dalam wadah itu dengan sikat gigi. Pakai pasta gigi ini untuk menyikat gigi.

Setelah selesai menyikat gigi, jangan buru-buru dihapus. Satu menit. Gigi jadi terlihat berwarna kuning karena kunyit. Tapi itu hanya untuk sementara. Setelah itu, kumur-kumur untuk membuang kunyit. Lalu sikat gigi biasa untuk membersihkan sisa-sisa kunyit.

Nah, gigi jadi lebih cerah kan? Hal itu karena daya abrasi gigi mengikis noda-noda yang membuat gigi jadi tampak berwarna kusam. Selain berguna untuk mengikis noda, kunyit juga punya efek antibakteri. 

Related tags:
#harga implan gigi #harga gigi palsu #kos tanam gigi #harga implant gigi #dokter gigi #harga crown gigi depan #veneer gigi #harga crown gigi #harga gigi tanam #harga tanam gigi
Related articles:

Betulkah kunyit memutihkan gigi?

Betulkah kunyit memutihkan gigi?

...selengkapnya

Benarkah minyak zaitun bisa memutihkan gigi?

Benarkah minyak zaitun bisa memutihkan gigi?

Ada banyak informasi yang menyatakan minyak zaitun bisa memutihkan gigi. Benarka...selengkapnya

Streptococcus mutans

Streptococcus mutans

...selengkapnya

Cara memutihkan gigi

Cara memutihkan gigi

...selengkapnya

Apa cara paling mudah memutihkan gigi kuning karena nikotin?

Apa cara paling mudah memutihkan gigi kuning karena nikotin?

Penggunaan buah-buahan seperti strawberry, apel, wortel, seledri, dsb banyak dib...selengkapnya

Klinik Gigi & Implan Jakarta doctor+dentist Layanan umum: (+62)21 2253 9385 (Pos Pengumben) dan +622153654792 (Palmerah) Layanan implan: +6281291668166, PIN BB: 232BAFD6, Email: klinikdoctordentist@gmail.com Alamat: Jl. Pos Pengumben No. 40c Jakarta Barat, Jakarta 11560 Indonesia, Jl. Palmerah Barat No. 108 Jakarta Barat, Jakarta 11480 Indonesia