Implan gigi bisa membuat wajah jadi tampak awet muda dengan mengatasi peot dan kempot sebagai dampak dari gigi hilang dan penyusutan tulang rahang.

Berapa umur untuk memasang gigi implan?

Umur minimal pasang implan gigi

Implan hanya bisa ditanam pada rahang yang telah berkembang penuh. Anak-anak tidak bisa menerima perawatan ini karena rahang anak-anak sedang berkembang sehingga makin lama makin besar. Rahang yang telah berkembang penuh tidak lagi bisa membesar. Perkembangannya sudah mentok, sudah maksimal. 

Rahang mencapai perkembangan maksimal pada kisaran umur antara 17 tahun hingga 19 tahun. Ada kasus di mana pertumbuhan tulang rahang sudah maksimal pada umur 14-16 tahun, tapi tidak semua orang begitu. Untuk amannya, dokter gigi implan menganjurkan 19 tahun tahun ke atas saja untuk memastikan pertumbuhan tulang rahang memang sudah mentok.

Jadi, umur minimal orang bisa pasang implan gigi adalah 17 tahun, tapi sebaiknya sekurang-kurangnya 19 tahun.

 

Umur maksimal pasang implan

Tidak ada umur maksimal pasien untuk bisa menerima implan gigi. Asalkan kondisi tulang memadai, kondisi badan dan jiwa sehat, dan memenuhi kriteria implan gigi lainnya, orang bisa saja menerima implan gigi. Kenyataannya, klinik kami pernah menanam implan pada pasien berumur 80 tahun dan sukses. Implan terpasang kokoh dan berfungsi normal hingga pasien meninggal dunia. Dengan begitu bisa dikatakan, implan terpasang permanen untuk kasus pasien ini.

Perbedaan antara pasien yang berusia di atas 65 tahun dan di bawah 65 tahun ada pada peluang sukses dan risiko. Pasien yang berusia di atas 65 tahun punya peluang sukses yang tidak setinggi pasien yang berusia di bawah 65 tahun. Begitu pula risiko pasien yang berusia di atas 65 tahun lebih tinggi daripada pasien yang berusia di bawah 65 tahun. 

Jika pasien sudah paham hal tersebut dan tetap ingin diimplan, dokter akan memeriksa apakah pasien memenuhi kriteria pemasangan implan. Apabila kriteria terpenuhi, pemasangan implan dilakukan. 

Umur optimal yang pas untuk pasang implan gigi

Pemasangan implan tidak punya batasan umur maksimal. Meskipun demikian, ada umur dimana perawatan implan punya risiko relatif paling rendah dengan peluang sukses yang relatif paling tinggi. Rentang umur tersebut adalah 19 tahun hingga 65 tahun. 

Pada rentang umur tersebut, kondisi kesehatan tubuh pasien umumnya masih prima dengan kemampuan regenerasi yang optimal. Kondisi kejiwaan pada umur tersebut juga sedang berada di puncak optimisme. Faktor-faktor ini punya peran positif dalam meningkatkan kesuksesan implan gigi.

Related tags:
#harga implan gigi #harga gigi palsu #kos tanam gigi #harga implant gigi #dokter gigi #harga crown gigi depan #veneer gigi #harga crown gigi #harga gigi tanam #harga tanam gigi
Related articles:

Berapa umur untuk memasang gigi implan?

Berapa umur untuk memasang gigi implan?

Pada rentang umur tersebut, kondisi kesehatan tubuh pasien umumnya masih prima d...selengkapnya

Kenapa gigi bisa kuning?

Kenapa gigi bisa kuning?

Gigi bisa berwarna kuning karena 3 faktor, yaitu: faktor genetik, faktor gaya hi...selengkapnya

Implan gigi

Implan gigi

Kenapa implan gigi? Karena implan gigi memberi banyak kelebihan dibanding gig...selengkapnya

Berapa maksimal umur pemakaian perawatan behel?

Berapa maksimal umur pemakaian perawatan behel?

...selengkapnya

Infeksi Virus Herpes Simplex Primer (2)

Infeksi Virus Herpes Simplex Primer (2)

Tingkat kejadian infeksi herpes primer terbukti berbeda-beda dipengaruhi oleh ko...selengkapnya

Klinik Gigi & Implan Jakarta doctor+dentist Layanan umum: (+62)21 2253 9385 (Pos Pengumben) dan +622153654792 (Palmerah) Layanan implan: +6281291668166, PIN BB: 232BAFD6, Email: klinikdoctordentist@gmail.com Alamat: Jl. Pos Pengumben No. 40c Jakarta Barat, Jakarta 11560 Indonesia, Jl. Palmerah Barat No. 108 Jakarta Barat, Jakarta 11480 Indonesia