Minyak zaitun

Benarkah minyak zaitun bisa memutihkan gigi?

Tanya:
Benarkah minyak zaitun bisa memutihkan gigi?
Jawab:

Minyak zaitun adalah lemak cair yang kental. Sifat tersebut membuatnya dapat menyusup ke celah-celah kecil yang tidak dapat dimasuki oleh bulu sikat gigi. Minyak yang masuk ke dalam celah lantas membersihkan kotoran, menurunkan jumlah kuman yang menempel padanya, mengurangi noda, mengurangi plak, dan menggelontor partikel sisa makanan yang ada dalam celah-celah itu. Setelah penyebab warna kusam pada gigi ini dibersihkan, maka gigi jadi kembali ke warnanya semula. 

Uraian mekanisme kerja minyak zaitun menunjukkan bahwa minyak zaitun bisa membantu membersihkan gigi (clean teeth) di samping menyikat gigi namun tidak dapat menggantikan peran menyikat gigi karena efektivitas pembersihannya masih lebih efektif pasta gigi. Hanya saja sikat gigi tidak dapat masuk ke celah-celah yang bisa dimasuki minyak zaitun. Dengan demikian, penggunaan minyak zaitun bisa jadi suplemen untuk pembersihan mulut menggunakan sikat dan pasta gigi, tapi tidak bisa menggantikan peran sikat dan pasta gigi.

Hasil dari pembersihan menggunakan sikat gigi plus penggunaan minyak zaitun ini, gigi dapat kembali ke warna semula sebelum kusam terkena noda kotor, tergantung seberapa banyak kotoran yang telah hilang. Bila gigi asli Anda berwarna putih, maka proses membersihkan gigi ini mengembalikan warna putih gigi Anda yang semula tertutup kotoran. Tapi bila warna asli gigi Anda tidak berwarna putih, misal kekuningan, maka minyak zaitun tidak dapat memutihkan gigi Anda.

Jadi, minyak zaitun bukan memutihkan gigi melainkan membersihkan gigi. Menyikat gigi yang disertai perawatan dengan minyak zaitun punya kemungkinan untuk membersihkan gigi dari kotoran penyebab warna kusam pada gigi. Akibat dibersihkan, gigi punya peluang untuk kembali ke warna aslinya.

 

Related tags:
#harga implan gigi #harga gigi palsu #kos tanam gigi #harga implant gigi #dokter gigi #harga crown gigi depan #veneer gigi #harga crown gigi #harga gigi tanam #harga tanam gigi
Related articles:

Benarkah minyak zaitun bisa memutihkan gigi?

Benarkah minyak zaitun bisa memutihkan gigi?

Ada banyak informasi yang menyatakan minyak zaitun bisa memutihkan gigi. Benarka...selengkapnya

Dampak cengkeh pada gigi & plak

Dampak cengkeh pada gigi & plak

Cengkeh telah dikenal dalam obat-obatan tradisional. Cengkeh untuk tujuan pengob...selengkapnya

Benarkah minyak kelapa mengobati gigi berlubang?

Benarkah minyak kelapa mengobati gigi berlubang?

Minyak kelapa mengandung asam laurat dan monolaurin yang punya sifat anti-bakter...selengkapnya

Benarkah minyak cengkeh bisa memerahkan gusi hitam?

Benarkah minyak cengkeh bisa memerahkan gusi hitam?

Warna hitam pada gusi yang terjadi karena mikroorganisme (bakteri, jamur, parasi...selengkapnya

Benarkah minyak kelapa bisa menyembuhkan gigi berlubang?

Benarkah minyak kelapa bisa menyembuhkan gigi berlubang?

Minyak kelapa memang bisa digunakan sebagai obat tradisional jaman nenek moyang....selengkapnya

Klinik Gigi & Implan Jakarta doctor+dentist Layanan umum: (+62)21 2253 9385 (Pos Pengumben) dan +622153654792 (Palmerah) Layanan implan: +6281291668166, PIN BB: 232BAFD6, Email: klinikdoctordentist@gmail.com Alamat: Jl. Pos Pengumben No. 40c Jakarta Barat, Jakarta 11560 Indonesia, Jl. Palmerah Barat No. 108 Jakarta Barat, Jakarta 11480 Indonesia