Apa itu implan gigi?

Tanya:

Apa itu implan gigi?

Jawab:
Implan gigi adalah akar gigi tiruan yang ditanamkan ke dalam tulang rahang untuk mengganti gigi asli yang telah tanggal dan memulihkan fungsi pengunyahan, fungsi bicara, dan fungsi estetika pada diri pasien. Akar gigi tersebut digunakan untuk menopang 1 atau lebih mahkota gigi tiruan, tergantung dari berapa banyak gigi tanggal berderet yang ingin Anda ganti.

Akar gigi tiruan biasanya dibuat dari bahan titanium, sedangkan mahkota gigi tiruan biasanya dibuat dari bahan titanium atau zirkonia. Penanaman implan atau akar gigi tiruan ke dalam tulang rahang dilakukan melalui operasi atau bedah dalam waktu lebih kurang 1 jam. Implan gigi kemudian dirawat sampai jadi. Umumnya pasien perlu waktu antara 3-4 bulan sampai implan itu jadi, yaitu sampai tulang rahang memegang implan. Walau begitu, ada pula pasien yang perlu waktu antara 5-9 bulan. Perbedaan lama waktu jadi ini bergantung pada kondisi tubuh masing-masing pasien dan kebiasaan hidup pasien.

Pasien sebaiknya jangan memaksa untuk mempercepat proses tersebut. Sebab, jika dipaksakan, dan dokter yang dipaksa tentu saja mengikuti paksaan pasien, maka implan yang belum jadi (belum dipegang oleh tulang rahang) dipaksa untuk menahan beban mahkota dan beban daya-daya pengunyahan saat mengunyah makanan. Akibatnya, implan gigi dapat cepat lepas hanya dalam waktu beberapa minggu atau beberapa bulan.

Banyak pasien memilih implan gigi karena implan gigi punya banyak sekali kelebihan bila dibandingkan dengan gigi tiruan lepasan ataupun gigi tiruan cekat. Meskipun demikian, tidak semua pasien dapat menerima perawatan ini. Pasien yang dapat menerima perawatan implan gigi hanya pasien yang memenuhi syarat perawatan implan gigi saja.

Ingin konsultasi lebih lanjut tentang implan gigi Anda? Silakan hubungi kami.

Related tags:
#harga implan gigi #harga gigi palsu #kos tanam gigi #harga implant gigi #dokter gigi #harga crown gigi depan #veneer gigi #harga crown gigi #harga gigi tanam #harga tanam gigi
Related articles:

Implan gigi

Implan gigi

Kenapa implan gigi? Karena implan gigi memberi banyak kelebihan dibanding gig...selengkapnya

Gigi implan goyang

Gigi implan goyang

Gigi implan goyang dapat disebabkan oleh beberapa sebab, antara lain, kegagalan ...selengkapnya

Jenis dan Klasifikasi Implan Gigi

Jenis dan Klasifikasi Implan Gigi

...selengkapnya

Implan gigi: Mitos vs Kenyataan

Implan gigi: Mitos vs Kenyataan

...selengkapnya

Risiko implan gigi yang terlalu murah

Risiko implan gigi yang terlalu murah

Implan gigi yang terlalu murah punya risiko yang sebanding dengan harganya. Inil...selengkapnya

Klinik Gigi & Implan Jakarta doctor+dentist Layanan umum: (+62)21 2253 9385 (Pos Pengumben) dan +622153654792 (Palmerah) Layanan implan: +6281291668166, PIN BB: 232BAFD6, Email: klinikdoctordentist@gmail.com Alamat: Jl. Pos Pengumben No. 40c Jakarta Barat, Jakarta 11560 Indonesia, Jl. Palmerah Barat No. 108 Jakarta Barat, Jakarta 11480 Indonesia