Sebelum dan setelah perawatan enameloplasty**

Perawatan enameloplasty

Enameloplasty adalah prosedur kosmetik membentuk ulang atau mengkontur ulang lapisan enamel gigi. Enameloplasty digunakan antara lain dalam persiapan pemasangan veneer gigi.

Enameloplasty dilakukan pada pasien yang:

  1. Giginya sedikit terkelupas, tidak rata, ada bagian yang meruncing, atau ada benjolan kecil di enamel. Masalah ini mungkin terjadi karena sejumlah alasan seperti menggigit benda keras, aus atau akibat kerot.
  2. Taring gigi yang terlalu panjang.
    Taring gigi yang terlalu panjang bisa menyebabkan bibir bawah lecet, membuat pasien merasa malu, dan pola gigi yang terganggu. Enameloplasty dapat mengatasi masalah ini.
  3. Gigi kelinci.
    Gigi kelinci adalah dua gigi seri depan yang lebih panjang daripada gigi-gigi lain di sekitarnya. Hal ini bisa mengakibatkan pasien merasa malu karena penampilan giginya. Enameloplasty bisa digunakan untuk memendekkan gigi kelinci itu agar rata dengan gigi-gigi lain.
  4. Gigi yang sedikit tidak rata.
    Gigi yang sedikit tidak rata juga bisa diatasi dengan enameloplasty sehingga tidak perlu menggunakan kawat gigi. Biaya yang ditanggung pasien lebih murah.
Sebelum dan setelah perawatan enameloplasty**
Sebelum dan setelah perawatan enameloplasty**

Keuntungan enameloplasty

  • Gigi jadi tampil lebih halus dan kadang bisa jadi tampak lebih muda.
  • Sekali datang ke dokter gigi, tidak perlu bolak-balik.
  • Tidak sakit
  • Lebih murah daripada pemasangan veneer atau mahkota
  • Tidak perlu penggantian seperti pada veneer.

Kerugian enameloplasty

  • Enamel yang sudah dikikis tidak bisa balik dan tidak bisa muncul lagi. Kalau pasien tidak puas dengan hasil perawatan enameloplasty, maka pasien tidak bisa meminta enamelnya dikembalikan lagi seperti semula. Pasien perlu paham dan sepakat dengan hal ini sebelum prosedur dilakukan.
  • Terlalu banyak enamel yang dikikis bisa menyebabkan gigi jadi terasa sensitif dan gigi jadi lebih mudah membusuk/ berlubang.
  • Gigi jadi lebih tipis daripada sebelumnya. Pasien perlu lebih berhati-hati dalam memakan makanan keras agar gigi tidak patah akibat makanan keras.

Sinonim

Enameloplasty juga dikenal dengan nama lain odonplasty, stripping, slenderising, atau rekontur gigi.

Perlu rontgen

Sebelum enameloplasty dilaksanakan, pasien perlu lebih dulu dirontgen. Foto rontgen ini penting bagi dokter agar mendapatkan gambaran yang lebih lengkap mengenai diri pasien. Rontgen juga perlu agar enameloplasty bisa lebih pas dan tidak berlebihan mengikis enamel pasien.

Related tags:
#enameloplasty #perawatan saluran akar gigi #perawatan saluran akar gagal #perawatan gigi gingsul #perawatan pemutihan gigi #perawatan gigi palsu lepasan #perawatan gigi tambalan #perawatan gigi #perawatan endodontik #perawatan saluran akar gigi depan
Related articles:

Perawatan enameloplasty

Perawatan enameloplasty

Enameloplasty adalah prosedur kosmetik membentuk ulang atau mengkontur ulang lap...selengkapnya

Gigi kelinci

Gigi kelinci

Ada orang yang gigi kelincinya terlalu panjang atau terlalu menonjol karena miri...selengkapnya

Klinik Gigi & Implan Jakarta doctor+dentist Layanan umum: (+62)21 2253 9385 (Pos Pengumben) dan +622153654792 (Palmerah) Layanan implan: +6281291668166, PIN BB: 232BAFD6, Email: klinikdoctordentist@gmail.com Alamat: Jl. Pos Pengumben No. 40c Jakarta Barat, Jakarta 11560 Indonesia, Jl. Palmerah Barat No. 108 Jakarta Barat, Jakarta 11480 Indonesia