Pasien perlu tahu kelemahan implan gigi agar bijak dalam memakainya.

Kelemahan implan gigi

Kita sekarang membahas kelemahan implan gigi sebagai penyeimbang bahasan sebelumnya tentang kelebihannya. Kita tahu bahwa alam mengatur agar segala sesuatu punya kelebihan dan kelemahan. Karena itu rasanya tidak fair kalau kita hanya membahas kelebihan tanpa membahas kelemahan implan. Setelah mengetahui kelemahannya, pasien diharapkan dapat realistik dalam membuat harapan dan bijak dalam penggunaan fikstur ini.

Jadi, mari kita bahas kelemahan implan gigi.

Daftar Kelemahan Implan Gigi

  1. Perlu operasi/ bedah.

    Kelemahan implan gigi yang pertama adalah perlu operasi atau pembedahan. Tidak ada operasi tanpa risiko. Semua operasi, operasi apapun itu, pasti mengandung risiko, entah besar atau kecil. Karena pemasangan fikstur perlu operasi, maka, secara otomatis, perawatan menggunakan fikstur modern ini mengandung risiko yang berasal dari risiko operasi. Umumnya risiko sudah ada langkah antisipasi, tapi tidak semua risiko bisa diantisipasi. Risiko dapat diminimalkan serendah mungkin tapi tidak bisa dihilangkan sama sekali.
  2. Harga dan biaya perawatan.

    Harga implan saat ini sudah lebih murah daripada tahun-tahun sebelumnya, Meskipun demikian, biaya perawatan implan masih kurang murah. Hal ini disebabkan banyak faktor, misalnya, harga peralatan dan biaya operasional, pemeliharaan dan surat-surat setiap tahun naik sehingga sulit untuk menurunkan biaya pemasangan dan perawatan implan. Ini kelemahan implan gigi yang sukar ditiadakan. 
  3. Tidak dicakup asuransi kesehatan sepenuhnya.

    Biaya perawatan implan lengkap tidak 100% dicakup oleh asuransi kesehatan. Paling banter, asuransi kesehatan hanya mencakup sebagian saja dari biaya total perawatan, misal, hanya implan saja, abutment saja, atau mahkota saja. Malah ada asuransi yang tidak mencakup perawatan ini sama sekali.
  4. Aus.

    Jika Anda senang memakan makanan keras, maka mahkota (crown) bisa aus/ terkikis setelah pemakaian selama bertahun-tahun. Mahkota buatan tidak dapat beregenerasi. Solusi untuk mahkota yang aus adalah diganti dengan mahkota baru. Seberapa sering mahkota diganti bergantung pada makanan yang Anda makan. Semakin sering makan makanan keras, aus berlangsung lebih cepat.
  5. Perlu waktu dan kesabaran.

    Kunci kesuksesan perawatan implan adalah oseointegrasi, yaitu sel-sel tulang menempel dan memegang fikstur ini sehingga implan menyatu dengan tulang rahang manusia. Proses penyatuan pada umumnya memerlukan waktu selama 4 bulan. Bahkan ada yang perlu waktu antara 5 sampai 9 bulan. Ketidaksabaran dan ketergesa-gesaan hanya akan mengakibatkan kegagalan.
  6. Ketidaknyamanan pasca bedah implan gigi.

    Bengkak hari pertama pasca operasi implan gigi. Ini salah satu kelemahan implan gigi.
    Bengkak pada hari pertama pasca operasi
    Begitu efek obat bius habis, pasien akan merasakan keadaan kurang nyaman sekalipun rasa nyeri bisa ditekan menggunakan obat pereda nyeri. Rasa tidak nyaman bisa timbul dari bengkak, rasa cemas pasca-operasi, dan ketidaknyamanan menggunakan mulut untuk makan. Selama masa penyembuhan ini pula, pasien hanya bisa makan makanan lunak selama sekitar 3 minggu. Karena prosesnya tidak mudah, pasien haruslah orang dengan motivasi yang cukup untuk melewati masa tidak nyaman ini.
  7. Ada risiko gagal 3-5%.

    Ilmu kedokteran modern telah meneliti faktor-faktor yang memprediksi kesuksesan pemasangan dan perawatan fikstur ini. Banyak faktor prediktor kesuksesan telah ditemukan, tapi masih ada faktor tak dikenal yang menyumbang risiko gagal sebesar 3-5%. Kenyataannya, tidak ada dokter gigi yang tidak pernah gagal. Semua pernah gagal, sekurang-kurangnya satu kali. Dokter bisa meminimalkan risiko gagal tapi tidak bisa meniadakan risiko gagal karena memang masih ada faktor yang belum diketahui dengan kemajuan IPTEK masa kini. Kelemahan implan gigi ini diharapkan dapat teratasi seiring kemajuan perkembangan IPTEK.
  8. Bolak-balik.

    Perawatan ini memerlukan pasien untuk bolak-balik ke klinik berulangkali. Sebelum operasi saja, pasien sudah bolak-balik untuk konsultasi dan setelah operasi, pasien masih perlu bolak-balik untuk kontrol atau, jika ada komplain, perawatan tambahan. Karena perlu bolak-balik, pastikan Anda memilih perawatan yang dikemas dalam model paket dengan harga dan biaya paket pula. Gunanya, berapa kalipun Anda bolak-balik, Anda tidak kena biaya tambahan. Harga paket sudah mencakup semua. Bila bukan harga paket, maka Anda masih pikar-pikir biaya tiap kali perlu datang. Harga paket membuat Anda lebih nyaman dan aman.
  9. Rokok.

    Fikstur ini dapat lebih cepat copot bila gusi mengalami penderitaan akibat terkena asap panas dari rokok. Kurangi merokok atau berhenti merokok adalah solusinya.

Lengkapnya, konsultasi saja dengan kami. Gratis kok. Yuk, tunggu apa lagi? Telpon saja ya. 

 

Related tags:
#harga implan gigi #harga gigi palsu #kos tanam gigi #harga implant gigi #dokter gigi #harga crown gigi depan #veneer gigi #harga crown gigi #harga gigi tanam #harga tanam gigi
Related articles:

Kelemahan implan gigi

Kelemahan implan gigi

Pasien perlu informasi yang benar mengenai perawatan implan gigi, baik itu infor...selengkapnya

Kelemahan implan gigi

Kelemahan implan gigi

Implan gigi punya kelebihan dan kelemahan. Posting ini berfokus untuk membahas k...selengkapnya

Implan laser & plasma (2)

Implan laser & plasma (2)

Teknik perlakuan permukaan dengan laser dan plasma masih dipakai untuk implan de...selengkapnya

Implan gigi mini

Implan gigi mini

Implan gigi mini dulu hanya dipakai sebagai alat sementara, tapi sekarang kadang...selengkapnya

Zirkonia: Implan bebas logam

Zirkonia: Implan bebas logam

Implan bebas logam dibuat dari keramik zirkonia. Teknologi ini baru dipasarkan t...selengkapnya

Klinik Gigi & Implan Jakarta doctor+dentist Layanan umum: (+62)21 2253 9385 (Pos Pengumben) dan +622153654792 (Palmerah) Layanan implan: +6281291668166, PIN BB: 232BAFD6, Email: klinikdoctordentist@gmail.com Alamat: Jl. Pos Pengumben No. 40c Jakarta Barat, Jakarta 11560 Indonesia, Jl. Palmerah Barat No. 108 Jakarta Barat, Jakarta 11480 Indonesia