Fraktur bisa menyebabkan gigi implan goyang

Gigi implan goyang

Ada beberapa penyebab gigi implan goyang, antara lain, kegagalan oseointegrasi, yaitu: jaringan tulang yang berada di sekitar implan gigi tidak memegang atau tidak mencengkeram implan gigi. Apabila jadi, maka jaringan tulang di sekitar implan gigi seharusnya memegang atau mencengkeram implan gigi sehingga implan kokoh tertanam dalam rahang tanpa goyang.

Penyebab gigi implan goyang

1. Lapisan penyekat antara tulang dan implan gigi.

Lapisan tipis jaringan lunak yang terbentuk di antara implan gigi dan jaringan tulang penyangga di sekitar implan mengakibatkan jaringan tulang tidak dapat memegang implan gigi dan hanya memegang lapisan penyekat yang mengelilingi implan itu. Ilmu kedokteran gigi implan masa kini belum menemukan faktor apa yang menyebabkan kemunculan lapisan jaringan lunak yang mengelilingi implan itu karena itu belum ada langkah pencegahan untuk hal ini.

2. Terburu-buru pasang mahkota (crown).

Tulang pendukung implan umumnya perlu waktu 4 bulan untuk tumbuh menempel pada implan dan memegangi implan gigi. Masa menunggu implan gigi jadi ini berbeda-beda untuk setiap pasien: yang paling cepat 3 bulan, umumnya 4 bulan, dan yang paling lama 9 bulan berdasarkan ilmu kedokteran implan saat ini. Pasien yang sabar akan menunggu implan gigi jadi sebelum implan tersebut menerima beban abutment dan mahkota dan dipakai mengunyah. Pasien yang tidak sabar ingin secepat mungkin implan tersebut dipakai. Sehingga, pegangan tulang yang masih lemah dipaksa untuk menerima beban. Konsekuensi dari ketidaksabaran ini adalah pegangan tulang pada implan yang masih lemah itu terlepas dan menyebabkan kegagalan pemasangan implan gigi. Kesabaran berpengaruh pada kesuksesan implan gigi. Pencegahan dapat dilakukan dengan kesabaran pasien untuk menunggu sampai implan gigi jadi sebelum memasang abutment dan mahkota. 

3. Kualitas tulang kurang bagus.

Sebelum pemasangan implan gigi, dokter gigi dan pasien akan mengecek kualitas tulang rahang pasien apakah memungkinkan untuk dipasangi implan gigi. Tulang yang berkualitas bagus (padat) menurunkan risiko kegagalan implan gigi, sedangkan tulang yang berkualitas kurang bagus (kurang padat) meningkatkan risiko kegagalan implan gigi. Apabila tulang kurang padat ini dipaksakan untuk menerima implan gigi, maka pegangan tulang pada implan jadi lemah. Pegangan yang lemah ini mudah putus saat terkena pembebanan seperti menggingit atau mengunyah. Akibatnya, pegangan yang terlepas menyebabkan implan gigi goyang dan kemudian copot. Kegagalan yang disebabkan oleh hal ini dapat dicegah dengan tidak memasang implan gigi pada pasien yang kualitas tulangnya tidak memenuhi syarat. 


4. Kuman & infeksi bisa menyebabkan gigi implan goyang

Kontaminasi kuman menyebabkan infeksi pada jaringan lunak dan tulang di sekitar implan. Infeksi menyebabkan tulang penopang implan jadi terkikis dan menyusut. Akibatnya, gigi implan goyang karena kehilangan penopangnya. Karena itu, pasien penerima implan gigi sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan mulut dan menjauhi pantangan implan gigi agar terhindar dari infeksi.

5. Gigi implan patah

Patah pada gigi implan bisa terjadi pada bagian implan gigi (akar gigi tiruan), abutment, atau mahkota. Foto rontgen diperlukan untuk mengetahui penyebab patah. Untuk mencegah gigi implan patah, hindari makan makanan yang terlalu keras, hindari benturan keras pada gigi implan, dan jangan melanggar pantangan implan gigi.

Gigi implan goyang bisa disebabkan patah
Gigi implan goyang bisa disebabkan patah

Apabila gigi implan goyang dan tak dapat diperbaiki, maka dokter gigi akan melepaskan implan gigi itu, menutup lubang bekasnya dengan bone graft dan menunggu tulang menutup kembali. Kemudian melakukan prosedur pemasangan implan gigi dari awal lagi dan meminta kerjasama dari pasien untuk tidak melanggar pantangan implan gigi.

Related tags:
#harga implan gigi #harga gigi palsu #kos tanam gigi #harga implant gigi #dokter gigi #harga crown gigi depan #veneer gigi #harga crown gigi #harga gigi tanam #harga tanam gigi
Related articles:

Gigi implan goyang

Gigi implan goyang

Gigi implan goyang dapat disebabkan oleh beberapa sebab, antara lain, kegagalan ...selengkapnya

Pertimbangan neurovaskular dalam implan gigi: Pengantar (1)

Pertimbangan neurovaskular dalam implan gigi: Pengantar (1)

Salah satu tantangan terbesar bedah implan yang dihadapi oleh para dokter gigi i...selengkapnya

7 Alasan melepas implan gigi

7 Alasan melepas implan gigi

Setidaknya ada 7 alasan untuk melepas implan gigi bagi pasien-pasien tertentu. B...selengkapnya

8 Bahaya & Efek Samping Implan Gigi & Antisipasinya

8 Bahaya & Efek Samping Implan Gigi & Antisipasinya

Bahaya & efek samping implan gigi dan pencehan atas hal itu perlu diketahui oleh...selengkapnya

Kelemahan implan gigi

Kelemahan implan gigi

Pasien perlu informasi yang benar mengenai perawatan implan gigi, baik itu infor...selengkapnya

Klinik Gigi & Implan Jakarta doctor+dentist Layanan umum: (+62)21 2253 9385 (Pos Pengumben) dan +622153654792 (Palmerah) Layanan implan: +6281291668166, PIN BB: 232BAFD6, Email: klinikdoctordentist@gmail.com Alamat: Jl. Pos Pengumben No. 40c Jakarta Barat, Jakarta 11560 Indonesia, Jl. Palmerah Barat No. 108 Jakarta Barat, Jakarta 11480 Indonesia