Prosedur fissure sealants

Fissure Sealants

Fissure sealants adalah lapisan pelinding permukaan kunyah gigi dari bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Layanan ini berguna untuk melindungi gigi dan mencegah bakteri melubangi gigi, khususnya pada celah-celah gigi yang berukuran sangat kecil dan yang tidak dapat dibersihkan dengan sikat gigi. Fissure sealants digunakan untuk menutup rapat celah-celah tersebut setelah lebih dulu dibersihkan oleh dokter gigi.

Celah pada gigi

Gigi, khususnya gigi geraham, mempunyai celah-celah yang disebut pit dan fissure. Fissure adalah celah yang berupa garis, sedangkan pit adalah celah yang berupa titik yang dibentuk dari pertemuan fissure.

gambar pit dan fissure
Pit dan fissure pada gigi geraham sering jadi tempat persembunyian bakteri pelubang gigi

Ada beberapa tipe pit dan fissure menurut bentuknya, yaitu:

  1. tipe U  (terbuka relatif lebar). Tipe ini masih mudah dibersihkan dengan sikat gigi sehingga lebih tahan karies dan risiko berlubang lebih rendah.
  2. tipe V (terbuka menyempit). Tipe ini rentan karier dan lubang karena rentan jadi sarang bakteri dan sisa-sisa makanan yang membusuk.
  3. tipe I (seperti leher  botol).

Manfaat fissure sealants

Manfaat fissure sealants meliputi hal-hal berikut ini:

  1. Mengurangi pembatasan makanan dan minuman manis yang bisa dikonsumsi.
  2. Tanpa efek samping.
  3. Tidak sakit.
  4. Mudah diterapkan, bahkan lebih mudah ketimbang menambal gigi.
  5. Risiko gigi tanggal akibat gigi berlubang menurun sehingga peluang untuk mendapat perawatan implan gigi juga berkurang. Ini berarti hemat biaya perawatan gigi.
  6. Mencegah karies gigi
  7. Mencegah fissure dan pit  jadi tempat persembunyian bakteri pembusuk yang menyebabkan gigi berlubang

 

Sebelum dan sesudah perawatan fissure sealants
Sebelum dan sesudah perawatan fissure sealants

Anak-anak berusia 6 tahun ke atas sebaiknya mendapat perawatan ini karena mereka biasanya belum dapat menggosok gigi dengan benar dan senang mengkonsumsi makanan-minuman manis. Selain itu, permukaan kunyah gigi kanak-kanak sangat mudah berlubang. Karena itu, tindakan pencegahan dianjurkan menggunakan fissure sealant ini.

Orang dewasa juga dianjurkan memanfaatkan perawatan ini untuk mencegah sakit gigi akibat gigi berlubang. Jangan sampai keburu berlubang ya. Dapatkan layanan Fissure Sealants di Klinik Klinik Gigi & Implan Gigi doctordentist Jakarta.

Related tags:
#fissure adalah #fissure sealant adalah #sealants #fissure
Related articles:

Fissure Sealants

Fissure Sealants

...selengkapnya

Cegah gigi berlubang dengan Fissure Sealants

Cegah gigi berlubang dengan Fissure Sealants

...selengkapnya

Layanan lain

Layanan lain

...selengkapnya

Gigi berlubang (kavitas)

Gigi berlubang (kavitas)

Tahukah Anda, lubang pada gigi berlubang dihasilkan dari proses pembusukan gigi ...selengkapnya

Klinik Gigi & Implan Jakarta doctor+dentist Layanan umum: (+62)21 2253 9385 (Pos Pengumben) dan +622153654792 (Palmerah) Layanan implan: +6281291668166, PIN BB: 232BAFD6, Email: klinikdoctordentist@gmail.com Alamat: Jl. Pos Pengumben No. 40c Jakarta Barat, Jakarta 11560 Indonesia, Jl. Palmerah Barat No. 108 Jakarta Barat, Jakarta 11480 Indonesia