Struktur kimia titanium dioksida (TiO<sub>2</sub>)

Faktor yang memengaruhi oseointegrasi

Setidaknya ada 9 faktor yang memengaruhi oseointegrasi dan implan gigi, yaitu:

  1. Biomaterial implan gigi
    Implan tidak menginduksi respon kekebalan tubuh pasien terhadap bahan implan. Bila bahan implan memicu respon kekebalan tubuh, maka proses oseointegrasi tidak akan berjalan sempurna dan implan akan gagal.
  2. Komposisi permukaan dan struktur implan
    Implan dengan lapisan hidroksiapatit punya peluang lebih tinggi untuk menghindari reaksi penolakan oleh tubuh bila dibandingkan implan tanpa lapisan tersebut di permukaannya. Di samping itu, lapisan titanium dioksida (TiO2) pada permukaan implan titanium berguna untuk mencegah korosi pada implan titanium. Dua lapisan tersebut berperan besar dalam menentukan kesuksesan penjangkaran bioaktif implan.
  3. Desain implan
    Desain implan memengaruhi kekuatan penjangkaran mekanis implan pada tulang. Desain yang baik akan membuat implan terpasang kokoh pada tulang rahang. Desain yang saat ini dinilai paling mendukung penjangkaran mekanis implan pada tulang rahang adalah bentuk silinder dengan uliran seperti sekrup dan permukaan apikal berpori-pori. Tulang akan mengisi pori-pori dan celah-celah uliran sekrup sehingga menahan implan secara mekanis agar tidak bergeser.
  4. Panas
    Saat pengeboran dilakukan pada tulang rahang, terjadi gesekan antara bor dan tulang dengan kecepatan tinggi. Akibatnya, panas akan terbentuk di situ. Apabila panas ini lebih dari 47 C, maka sel-sel tulang di sekitar bor akan mati. Akibatnya, oseointegrasi tidak akan terjadi. Proses oseointegrasi mensyaratkan sel-sel tulang di sekitar implan harus tetap hidup. Dari sinilah jalinan tulang akan memancar menuju implan. Bila sel-sel tulang mati dan implan disisipkan di lubang itu, maka implan itu akan dilingkupi kapsul fibrosa.
  5. Kontaminasi
    Kontaminasi daerah implan dengan debris organik dan inorganik dapat merugikan oseointegrasi karena bisa menyebabkan infeksi.
  6. Stabilitas primer atau stabilitas awal
    Oseointegrasi punya peluang yang lebih tinggi untuk sukses bila implan diam tak bergerak. Karena itu, implan perlu dipasang pada lubang yang ukurannya betul-betul pas dengan diameter implan. Jangan ada celah antara implan dan implan. Celah bukan hanya membuat implan longgar dan goyang, tapi juga bisa jadi jalur bagi kuman untuk masuk dan menimbulkan infeksi.
  7. Kualitas tulang
    Kualitas tulang berkaitan dengan kesuksesan dan kegagalan implan. Oseointegrasi pada tipe tulang 1 dan 2 perlu waktu sekitar 4 bulan, lebih cepat dari tipe tulang 3 dan 4. Semakin cepat oseointegrasi, semakin rendah peluang untuk mengalami gangguan pada proses oseointegrasi. Tulang tipe 4 perlu waktu 8 bulan. Ini menyebabkan peluang mengalami gangguan selama proses integrasi jadi lebih tinggi sehingga risiko gagal juga lebih tinggi.
  8. Pertumbuhan epitel ke arah bawah
    Desain implan awal sering dikaitkan dengan pertumbuhan epitel ke arah bawah. Pada implan jaman sekarang, hal ini dicegah dengan mukosa oral yang menutup implan. Setelah oseointegrasi sukses, implan dibuka dan abutmen dipasang.
  9. Pembebanan
    Pembebanan dini saat implan belum jadi bisa 

 

Related tags:
#dokter gigi yang bagus di jakarta barat #cara merapatkan gigi yang renggang #harga gigi palsu yang bagus #dokter gigi di jakarta selatan yang bagus dan murah #warna behel yang cocok untuk gigi kuning #gigi palsu yang baik #gigi yang sehat #warna behel yang cocok #sikat gigi yang baik #pasang gigi palsu yang bagus
Related articles:

Faktor yang memengaruhi oseointegrasi

Faktor yang memengaruhi oseointegrasi

Inilah faktor-faktor yang memengaruhi kesuksesan atau kegagalan pemasangan dan p...selengkapnya

Panas memengaruhi kesuksesan implan gigi

Panas memengaruhi kesuksesan implan gigi

...selengkapnya

9 Faktor pendukung oseointegrasi

9 Faktor pendukung oseointegrasi

Faktor pendorong oseointegrasi yang telah diketahui ada 9 (sembilan). Apa sajaka...selengkapnya

7 Faktor penghambat oseointegrasi

7 Faktor penghambat oseointegrasi

...selengkapnya

Oseointegrasi

Oseointegrasi

Dalam oseointegrasi, tulang alveolar dan bagian badan akar buatan yang diiimplan...selengkapnya

Klinik Gigi & Implan Jakarta doctor+dentist Layanan umum: (+62)21 2253 9385 (Pos Pengumben) dan +622153654792 (Palmerah) Layanan implan: +6281291668166, PIN BB: 232BAFD6, Email: klinikdoctordentist@gmail.com Alamat: Jl. Pos Pengumben No. 40c Jakarta Barat, Jakarta 11560 Indonesia, Jl. Palmerah Barat No. 108 Jakarta Barat, Jakarta 11480 Indonesia