Biokompatibilitas dalam hubungannya dengan pasien, materi, dan fungsi materi.

Biokompatibilitas

Materi yang berinteraksi dengan jaringan tubuh manusia perlu untuk tidak menimbulkan respon lokal atau respon sistemik dari sistem kehidupan atau jaringan tubuh manusia yang bisa berdampak merusak atau mengganggu manusia penerima materi itu. Sifat pada materi ini dikenal dengan istilah "biokompatibel". Kemampuan materi untuk menunjukkan sifat itu diistilah "biokompatibilitas". Dari sudut pandangan regulasi di dunia medis, biokompatibilitas ditunjukkan dengan serangkaian tes biokompatibilitas yang digunakan untuk menentukan potensi toksisitas yang dihasilkan dari kontak komponen peralatan medis atau produk kombinasi medis dengan tubuh manusia.

Definisi biokompatibilitas

Kata "biokompatibilitas" berarti kualitas untuk kompatibel (cocok) dengan jaringan hidup atau sistem hidup dengan tidak bersifat racun atau menimbulkan cedera dan penolakan imunologis. Gampangnya, biokompatibilitas  berarti tidak membahayakan pasien.

Di kalangan intelektual yang relevan, biokompatibilitas punya 5 definisi yang cukup populer, yaitu:

  1. Kualitas tidak menimbulkan efek toksik atau efek cedera pada sistem biologi.
  2. Kemampuan materi untuk menunjukkan performa dengan respon inang yang tepat dalam penerapan yang spesifik.
  3. Perbandingan respon jaringan yang dihasilkan melalui hubungan dekat materi kandidat implan dengan situs implan dalam inang hewan dimana respon jaringan diakui dan ditegaskan cocok dengan materi kontrol.
  4. Merujuk pada kemampuan biomateri untuk melakukan fungsi yang diinginkan darinya sehubungan dengan terapi medis tanpa menimbulkan efek lokal atau efek sistemik yang tidak diinginkan dalam diri penerima terapi, malah menghasilkan respon sel atau respon jaringan yang paling tepat dalam situasi spesifik, dan mengoptimalkan performa terapi yang punya relevansi klinis.
  5. Kapabilitas prostesis yang ditanamkan dalam tubuh manusia untuk berada dalam harmoni dengan jaringan manusia tanpa menyebabkan perubahan yang merusak.

Sejarah

Istilah "biokompatibilitas" berasal dari istilah "biocompatibility" dalam bahasa Inggris. Istilah ini pertama kali disebutkan dalam jurnal ulasan rekan sejawat dalam tahun 1970 antara RJ Hegyeli (abstrak Amer Chem Soc Annual Meeting) dan CA Homsy et al. (J Macromol Sci Chem A4:3,615, 1970). Tapi baru sekitar 20 tahun kemudian istilah ini banyak digunakan dalam literatur-literatur saintifik.

Standar internasional

Cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah suatu peralatan medis kompatibel dengan tubuh manusia atau tidak adalah apakah peralatan itu memenuhi standar internasional (ISO) yang relevan atau tidak. Standar internasional (ISO) yang relevan dengan biokompatibilitas adalah ISO 10993. Saat ini, ISO ini sudah mencapai ISO 10993-55.

Referensi

https://www.dorlands.com/

The Williams dictionary of Biomaterials, D.F. Williams, 1999

David F. Williams. On the mechanisms of biocompatibility (Tentang mekanisme biokompatibilitas).  Biomaterials, Volume 29, Issue 20, July 2008, pages 2,941–2,953

D Williams. "Revisiting the definition of biocompatibility" (Meninjau ulang definisi biokompatibilitas). Medical Device Technology 14(8) October 2003

E. L. Becker, S. I. Landau, & A. Manuila. International dictionary of medicine and biology.  1986, New York: Wiley.

http://www.toxikon.com/resources/biocompatibility_2011.cfm ; akses 13 Februari 2017

http://www.iso.org/iso/iso_catalogue/catalogue_tc/catalogue_tc_browse.htm?commid=54508 ; akses 13 Februari 2017

Related tags:
#biokompatibilitas #tes biokompatibilitas
Related articles:

Biokompatibilitas

Biokompatibilitas

Dari sudut pandangan regulasi di dunia medis, biokompatibilitas ditunjukkan deng...selengkapnya

Biokompatibilitas biomateri implan gigi

Biokompatibilitas biomateri implan gigi

Perangkat medis harus punya biokompatibilitas yang cocok untuk kontak jangka pan...selengkapnya

Tes biokompatibilitas materi implan

Tes biokompatibilitas materi implan

Implan yang mengikuti ISO 10993 dan lolos FDA punya biokompatibilitas yang tingg...selengkapnya

Titanium & Vanadium pas untuk implan gigi

Titanium & Vanadium pas untuk implan gigi

Umumnya perusahaan pembuat titanium menggunakan bahan titanium murni kormersil y...selengkapnya

Interaksi sel dengan permukaan biomateri (2)

Interaksi sel dengan permukaan biomateri (2)

Bahan dan teknologi baru muncul berdasarkan konsep bahwa sel jaringan tubuh mere...selengkapnya

Klinik Gigi & Implan Jakarta doctor+dentist Layanan umum: (+62)21 2253 9385 (Pos Pengumben) dan +622153654792 (Palmerah) Layanan implan: +6281291668166, PIN BB: 232BAFD6, Email: klinikdoctordentist@gmail.com Alamat: Jl. Pos Pengumben No. 40c Jakarta Barat, Jakarta 11560 Indonesia, Jl. Palmerah Barat No. 108 Jakarta Barat, Jakarta 11480 Indonesia