Anestesi dilakukan sebelum pemasangan implan

7 Poin perlu diketahui sebelum implan gigi

1. Ada syarat selain ompong

Calon pasien yang datang ke klinik terkadang ada yang mengira semua kondisi ompong bisa dirawat dengan implan gigi. Kenyataannya, ada syarat selain ompong yang perlu terpenuhi untuk menerima implan. Misal, kepadatan, lebar dan tinggi tulang cukup untuk menopang implan. Tentang syarat, indikasi, dan kontraindikasi implan sudah dibahas sebelumnya. Silakan disimak.

2. Kesehatan umum menentukan

Kondisi kesehatan umum menentukan implan Anda bakal sukses atau gagal. Ada sejumlah kondisi umum yang menghasilkan peluang gagal tinggi. Contohnya, gangguan jiwa dan cacat mental. Masalah kejiwaan dan mental membuat pasien mengalami kesulitan besar untuk mengerti instruksi dokter dan belajar hal-hal yang perlu diketahui mengenai cara merawat implan. Maka, kondisi jiwa dan mental tersebut meningkatkan peluang gagal implan.

Kondisi lain yang menghasilkan peluang gagal tinggi adalah penyakit diabetes mellitus dan hemofilia. Dua penyakit ini menyebabkan darah sulit membeku sehingga berpotensi menghasilkan perdarahan.

3. Perawatan implan itu perlu waktu 

Perawatan implan bukan jenis perawatan yang bisa selesai dalam satu atau dua kali pertemuan dengan dokter. Pertemuan sekurang-kurangnya perlu 4 kali apabila semua berjalan mulus dan lancar.

  1. Skrining: Kedatangan pasien pertama sambil membawa foto rontgen. Pada pertemuan pertama ini, pasien berkonsultasi dengan dokter apakah kondisinya mungkin diberi perawatan implan atau tidak. Konsultasi ini tersedia gratis di klinik kami.
  2. Perencanaan: Dokter menyiapkan rencana perawatan. Lalu rencana dibicarakan dengan pasien dalam konsultasi implan. 
  3. Pemasangan implan: Pasien bertemu dengan tim medis untuk menjalani operasi pemasangan implan
  4. Pemasangan abutmen dan mahkota (crown): Apabila semua lancar, maka pasien bertemu lagi dengan dokter lebih kurang 4 bulan setelah pemasangan implan untuk memasangan abutmen dan mahkota.

4. Implan mudah dibersihkan tapi harus rajin

Implan yang telah terpasang itu mudah dibersihkan. Caranya sama dengan membersihkan gigi natural, meliputi:

  • sikat gigi (setelah bangun, menjelang tidur malam, setiap kali sehabis makan)
  • flossing
  • 6 bulan sekali ke dokter gigi untuk membersihkan celah-celah yang tidak terjangkau sikat dan flossing.

Kurangnya kebersihan bisa mengakibatkan implan copot dalam waktu yang cukup cepat.

5. Implan membuat tampilan lebih awet muda

Gigi ompong menyebabkan tulang penopang gigi lama-kelamaan menciut/ menyusut, lalu lama-kelamaan hilang. Penyusutan tulang di mulut bagian samping menyebabkan wajah jadi tampak kempot dan penyusutan tulang di mulut bagian depan menyebabkan wajah jadi tampak peot. Singkatnya, penyusutan tulang membuat wajah jadi tampak menua atau lebih tua. Untuk mencegah hal ini, pasang implan gigi pada bagian yang ompong. Maka, penyusutan tulang akan berhenti atau sekurang-kurangnya akan melambat karena tulang yang berfungsi akan beregenerasi normal dan mempertahankan bentuknya yang semula.

6. Siapkan makanan lunak

Sekitar 7 hari setelah pemasangan implan, Anda diharuskan makan makanan lunak karena makanan kasar yang menyentuh luka bekas operasi bisa menyebabkan implan bergerak dan kemudian gagal. Sebelum operasi, siapkan bahan-bahan makanan lunak dalam gudang makanan Anda agar Anda tidak perlu ke pasar dalam kondisi yang kurang fit usai menjalani operasi.

7. Jangan menyetir mobil/ motor sendiri

Usai operasi, badan dan kesadaran Anda masih akan berada di bawah pengaruh obat bius. Ini bisa menyebabkan refleks dan berpikir jadi tidak setajam kondisi normal. Menyetir mobil atau motor di jalan raya dalam kondisi ini bisa membahayakan diri Anda sendiri dan orang lain. Minta tolong orang lain untuk menyetir mobil/ motor atau, bila tidak ada, gunakan taksi yang mengantar Anda sampai depan pintu rumah Anda.

Konsultasi implan gratis tersedia di klinik kami. Telepon saja:

Related tags:
#harga implan gigi #harga gigi palsu #kos tanam gigi #harga implant gigi #dokter gigi #harga crown gigi depan #veneer gigi #harga crown gigi #harga gigi tanam #harga tanam gigi
Related articles:
Klinik Gigi & Implan Jakarta doctor+dentist Layanan umum: (+62)21 2253 9385 (Pos Pengumben) dan +622153654792 (Palmerah) Layanan implan: +6281291668166, PIN BB: 232BAFD6, Email: klinikdoctordentist@gmail.com Alamat: Jl. Pos Pengumben No. 40c Jakarta Barat, Jakarta 11560 Indonesia, Jl. Palmerah Barat No. 108 Jakarta Barat, Jakarta 11480 Indonesia